aji.solokota@email.com 

aji.solokota@email.com

Solidaritas untuk Warga dan Jurnalis Korban Gempa Palu

Salam Solidaritas

Gempa bumi 7,7 scala richter mengguncang Sulawesi Tengah, Jumat, 28 September 2018, pukul 17.02 WIB. Pusat gempa berjarak 26 km dari Utara Donggala dengan kedalaman 10 km ini memakan korban nyawa dan menimbulkan kerusakan besar di Donggala dan Kota Palu. Selain gempa, kerusakan parah juga akibat tsunami. Menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hingga Senin, 1 Oktober 2018, korban tewas mencapai 844 orang dan kemungkinan akan terus bertambah.

Ribuan orang juga akhirnya mengungsi karena rumahnya sudah tidak ada, tak bisa ditempati, atau khawatir ada gempa susulan. Tsunami menyebabkan jalan-jalan dipenuhi puing-puing, yang membuat sebagian besar akses jalan tertutup. Gempa menghancurkan sejumlah instalasi penting, termasuk listrik dan pemancar telekomunikasi. Akibatnya sebagian besar area tak ada aliran listrik. Telekomunikasi juga terganggu. Akses jalan yang rusak menyebabkan pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) langka.

Bencana ini berdampak pada nasib jurnalis, termasuk yang tergabung dalam Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Palu. Berdasarkan pendataan yang dilakukan AJI, dari 68 anggota, sebagian besar diketahui selamat. Tapi masih ada yang belum bisa dikonfirmasi keberadaannya. Dari jurnalis yang selamat itu, ada yang rumahnya rata dengan tanah diterjang sunami, ada yang rumahnya rusak ringan hingga rusak parah akibat gempa. Ada juga yang keluarganya tak selamat akibat musibah ini.

Untuk membantu jurnalis anggota AJI Palu menghadapi dampak gempa dan tsunami, AJI Indonesia meminta bantuan kepada IFJ Asia Pasific menggalang bantuan dana dari sesama anggota AJI, simpatisan dan afiliasi AJI di dunia internasional. Bagi yang ingin menyalurkan donasinya, silakan kirim melalui Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Cut Mutia Jakarta Pusat, nomor rekening 0230-0100-2015-303 an. Aliansi Jurnalis Independen. Bukti donasi harap dikirim melalui http://bit.ly/Solidarity4JournalistsAJIPalu_KorbanTsunami atau WhatsApp ke +62813-8527-2758. Donasi akan dibuka hingga 1 November 2018. Detail pemanfaatan hasil donasi akan disampaikan melalui email.

See also  AJI Solo: Upah Layak Jurnalis Soloraya 2012 Rp3,267 Juta

Jakarta, 1 Oktober 2018

Ketua Umum AJI, Abdul Manan
Sekjen AJI, Revolusi Reza

Update Donasi 8 Oktober 2018: Terkumpul Rp10.400

Sekretariat AJI:
Jl Sigura-gura 6a, Duren Tiga, Jakarta Selatan, Indonesia
Telp. +621-22079779 Email sekretariat@ajiindonesia.or.id
Web: www.aji.or.id Twitter: @AJIIndo

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

aji.solokota@gmail.com