aji.solokota@email.com 

aji.solokota@email.com

AJI Solo Gandeng Eks Penerjemah Marca

Caption foto—Advent Tambun (kiri) bersama Pelatih Timnas Indonesia, Luis Milla, dalam turnamen Piala Presiden di Stadion Manahan Solo beberapa waktu lalu.

SOLO—Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Solo bakal menggelar kursus Bahasa Spanyol gratis untuk para jurnalis olahraga di Soloraya pada Maret-Mei tahun ini. Eks penerjemah Marca (media olahraga terbesar di Spanyol), Advent Tambun, digandeng untuk menjadi pengajar kelas yang akan digelar hari Selasa setiap pekan. Kelas perdana rencananya bakal dimulai Selasa (6/3) di Monumen Pers Solo.

Ketua AJI Solo, Adib Muttaqin Asfar, mengatakan kegiatan tersebut merupakan bagian dari program pengembangan kompetensi jurnalis yang menjadi perhatian AJI dalam periode kepengurusan 2018-2021. Menurut Adib, kursus Bahasa Spanyol menjadi pilihan karena belum banyak pelatihan sejenis bagi jurnalis di Solo dan sekitarnya. Kursus menitikberatkan penggunaan Bahasa Spanyol dalam lingkup olahraga.

“Pengalaman Mas Advent selama empat tahun menjadi penerjemah Marca diharapkan bisa menularkan ilmu bagi jurnalis untuk memahami artikel olahraga berbahasa Spanyol. Seperti diketahui, saat ini Spanyol banyak merajai cabang olahraga populer seperti sepak bola, tenis hingga Moto GP,” ujar Adib, dalam rilisnya, Senin (5/3).

Advent menjadi penerjemah Marca untuk harian TopSkor pada 2018-2012. Saat ini, lelaki yang berdomisili di Tohudan, Colomadu, itu menjabat penanggungjawab Pusat Bahasa Universitas Trisakti. Advent juga pernah menerbitkan beberapa buku di antaranya Spanyol Sehari-Hari (Kesaint Blanc), Piala Dunia dan Matematika (Grasindo) dan Bahasa Spanyol Dasar (Kesaint Blanc).

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

aji.solokota@gmail.com